katak-beracun-reptil-benua-amerika
Katak Beracun

Reptil di benua Amerika – Dapat dikatakan jika benua Amerika memang menjadi salah satu kawasan yang memiliki hujan tropis yang cukup lebat. Selain itu masih tergolong alami dan tentunya kita akan menemukan hewan endemik asli dari kawasan ini. Di benua Amerika ini kita akan menemukan jenis fauna yang berbeda – beda termasuk jenis fauna yang langka dan hampir punah. Pada dasarnya Amerika sendiri di huni oleh berbagai spesies fauna. Entah itu mamalia, reptil, burung, serangga dan lain – lain. Hal ini wajar, karena wilayah – wilayah di sana beserta pulau – pulaunya juga menjadi rumah bagi satwa liar asli. Salah satu tempat yang cukup menakjubkan adalah hutan hujan Amazon yang ada di Amerika.

Ketika anda sudah mencoba masuk ke dalamnya anda pun akan melihat hewan di mana – mana. Baik itu pada saat anda menengok ke atas kanopi nya, di tanah, maupun di perairannya. Hal ini dikarenakan hutan Amazon ini merupakan rumah berbagai jenis makhluk hidup.  Setidaknya memang ditemukan 10% dari seluruh spesies di muka bumi yang tinggal di dalamnya. Di lansir dari WWF, ada 4000 spesies tumbuhan, 427 spesies mamalia. Selain itu juga di temukan 1.3000 burung, 378 reptil di benua Amerika, 400 amfibi dan 3000 jenis ikan tawar.

Sangat Unik, Inilah 6 Jenis – Jenis Reptil Di Benua Amerika Yang Dapat Anda Temukan Ketika Berkunjung Ke Sana

Memiliki julukan sebagai negara super power menjadikan Amerika Serikat menjadi sebuah negara yang dikenal luas. Oleh sebagian penduduk dunia termasuk negara Indonesia. Di benua Amerika ini anda akan menemukan 50 negara bagian dengan luas mencapai 9, 83 juta kilometer persegi. Karena negara ini tidak hanya menjadi tujuan untuk berwisata saja, akan tetapi bekerja, pendidikan dan mengejar mimpi. Termasuk bagi anda yang ingin menemukan hewan reptil di benua Amerika cukup mudah untuk menemukannya. Reptil adalah kelompok hewan berdarah dingin yang mencangkup berbagai jenis.

Misalnya saja reptil di benua Amerika ini ada yang berupa kadal, buaya, ular dan kura – kura. Apalagi perlu anda ingat buka jika di dunia ini kita akan menemukan sekitar 10 ribu spesies reptil di bumi ini.  Dimana kebanyakan memiliki penampilan yang tergolong umum dan mungkin sudah sering anda lihat. Akan tetapi dari sekian banyak spesies, tentu saja ada beberapa spesies reptil yang memiliki penampilan cukup unik. Dan hal ini juga berlaku untuk berbagai jenis reptil di benua Amerika.  Dan berikut ini ada beberapa daftar hewan reptil yang dapat anda temukan di hutan Amazon diantaranya:

1. Anaconda Hijau

anaconda-hijau-reptil-benua-amerika

Jenis reptil di benua Amerika yang pertama adalah green anaconda atau anaconda hijau. Meskipun reptil yang satu ini memang tidak berbisa. Akan tetapi anaconda hijau ini memang termasuk ke dalam spesies ular yang mematikan. Jenis ular yang satu ini bisa tumbuh hingga 9 meter dengan bobot mencapai 250 kilogram. Alasan ini juga yang menjadikannya sebagai ular hidup terbesar yang ada di Amazon. Seringkali ular ini hidup di rawa – rawa di sungai Amazon. Jenis reptil di benua Amerika yang satu ini membunuh mangsanya dengan mencekik hingga berhenti bernapas. Setelah itu anaconda ini akan menelannya bulat – bulat. Biasanya makanan mereka ini mencangkup rusa, buaya, kura – kura, ikan dll.

2. Ular derik viper

ular-derik-viper-reptil-benua-amerika

Jenis reptil di benua Amerika yang kedua adalah ular derik viper. Ular ini merupakan ular hutan hujan Amazon yang paling mematikan. Dimana reptil yang satu ini memang dapat ditemukan di zona sabana dan semi kering Amazon, Brazil, Venezuela, Guyana dan Kolombia. Ular ini dapat tumbuh hingga panjang 1,5 m dan dikenal karena garis – garis khas mereka. Di hutan Amazon Amerika ini kita akan menemukan kurang lebih 9 sub spesies ular derik Amerika ini. Biasanya yang membedakan jenis reptil di benua Amerika yang satu ini terdapat garis – garis yang berbeda.  Seringkali ular derik ini menyamarkan diri dengan baik di lingkungan mereka. Sehingga akan sulit untuk menemukan ular yang mematikan ini. Namun ular ini akan menyerang jika di provokasi.

3. Caiman

buaya-caiman-reptil-benua-amerika

Untuk jenis reptil di benua Amerika yang ketiga adalah caiman. Dimana habitat reptil yang satu ini memang banyak ditemukan di sungai dan juga rawa – rawa di Amerika. Namun untuk caiman ini juga banyak ditemukan di negara Florida di Amerika. Panjang tubuh maksimal jenis reptil di benua Amerika ini bisa mencapai hingga 6 meter. Untuk caiman jantan dewasa ini memiliki berat mencapai 450 kg sedangkan untuk betina ini mencapai 70 kg. Seperti yang kita tahu, caiman ini memang tidak akan jauh berbeda dengan buaya pada umumnya. Untuk moncong caiman ini lebih lebar dan berbentuk U. Saat mulutnya menutup akan terlihat gigi atas dan gigi bawahnya.

4. Gila Monster

gila-monster-reptil-benua-amerika

Untuk jenis reptil di benua Amerika yang keempat adalah gila moster. Reptil yang satu ini merupakan spesies kadal terbesar dan berbisa. Dimana tubuhnya yang gemuk, kulitnya pun tebal dan ekornya pendek. Membuat ekornya reptil di benua Amerika pun tampak padat sebab berisi lemak. Sehingga dapat dijadikan sebagai cadangan makanannya.

5. Kura – Kura Kepala Ceri Berkaki Merah

kura-kura-kepala-ceri-berkaki-merah

Untuk jenis reptil di benua Amerika yang kelima adalah kura – kura darat cherry head. Ciri – ciri reptil yang satu ini memiliki kaki merah. Kura – kura ini merupakan reptil di benua Amerika yang ditemukan di hutan Amazon. Kura – kura kaki merah ini memiliki ukuran yang bisa tumbuh sampai lebih dari 40 cm.  Akan tetapi ukuran rata – rata adalah 30 cm. Jenis hewan yang satu ini termasuk kategori omnivora. Untuk makanan kura – kura ini berupa rumput, buah, jamur, bangkai dan invertebrata kecil.

6. Ular Coral

ular-coral-benua-amerika

Untuk jenis reptil di benua Amerika yang ke enam adalah coral snake. Jenis reptil yang satu ini merupakan ular dengan warna merah kuning yang mematikan. Sementara merah hitam ini adalah temaan.  Biasanya reptil di benua Amerika coral snake ini memiliki warna merah kuning hitam. Akan tetapi sebaliknya ular ini justru memiliki corak warna yang berbeda.  Akan tetapi untuk jenis ular ini tetap mematikan. Untuk jenis reptil yang satu ini sebenarnya akan takut jika bertemu dengan manusia. Meskipun begitu, jika ular ini terinjak dan terganggu mereka tidak segan untuk menggigit. Selain itu racunnya pun mengandung neurotoxin yang mampu melumpuhkan otot – otot pernapasan. Jika tidak ditangani dengan cepat, maka korban gigitan coral snake ini tidak akan bertahan hidup.

Nah, itulah jenis – jenis hewan reptil di benua Amerika yang bisa anda temukan di Amazon. Semoga informasi terkait jenis – jenis reptil ini bermanfaat untuk anda. Dan dapat menjadi gambaran akan keanekaragaman satwa yang ada di Benua Amerika.