anjing-siberian-husky-di-salju

Anjing siberian husky dan serigala memang terlihat mirip jika dilihat sekilas secara fisik dan mereka juga sama sama tinggal di tempat dengan iklim yang dingin. Tapi dua hewan ini ternyata mempunyai perbedaan yang akan terlihat kalau dilihat lebih dalam dan dibandingkan antara satu dengan yang lainnya.

Perbedaan dari siberian husky dan serigala bisa kita lihat dari proporsi tubuh dan sifatnya, serigala bersifat agresif dan mempunyai berat, panjang dan tinggi badan yang lebih besar sedangkan siberian husky mempunyai sifat lebih ramah dan ukuran tubuh lebih kecil.

Anjing Siberian Husky

Siberian Husky merupakan salah satu jenis anjing pekerja dari genus Canis dan termasuk ke dalam keluarga genetik Spitz dan berasal dari wilayah Timur Laut Asia. Anjing ini digunakan oleh orang-orang di daerah asal mereka untuk membantu pekerjaan ataupun kegiatan manusia yang sulit dilakukan karena iklim disana sangat dingin dan bersalju. Contohnya adalah membantu menarik kereta luncur, menjaga barang bawaan, dan menjadi teman untuk menemani perjalanan.

Serigala

Serigala adalah salah satu hewan dari genus Canis dan merupakan hewan asli dari wilayah Eurasia dan Amerika Utara. Serigala merupakan hewan sosial, jadi mereka hidup berkelompok dengan serigala lainnya. Kelompok serigala biasanya beranggotakan dua induk dan anak anaknya. Anak- anaknya akan menetap dikelompok selama 10 – 54 bulan yang kemudian nantinya akan mereka akan memisahkan diri.

Perbedaan dalam Klasifikasi Ilmiah

Serigala dan anjing seperti siberian husky masih dalam satu rumpun species yaitu Canis Lupus. Canis Lupus adalah nama ilmiah dari serigala dan siberian husky merupakan subspecies dari serigala yaitu Canis Lupus Familia. Jadi yang menjadi perbedaan antara dua hewan ini adalah subspecies dari siberian husky.

Perbedaan secara fisik

Proporsi Tubuh

Jika dilihat dari bentuk dan ukuran tubuh serigala dan siberian husky secara detail, mereka mempunyai perbedaan di beberapa hal seperti :

1. Berat Badan

Berat badan jelas menjadi pembeda antara dua hewan ini karena perbedaan ukuran mereka. Siberia husky jantan mempunyai berat rata-rata 20 – 27 kilogram dan yang betina 16-23 kilogram. Untuk serigala jantan mempunyai berat rata-rata mencapai 41 kilogram dan untuk serigala betina bisa mencapai 31 kilogram.

2. Tinggi Badan ( Diukur dari kaki sampai bahu )

Tinggi badan untuk siberian husky jantan rata-rata mencapai 53 – 60 cm dan tinggi siberian husky betina mencapai 51 – 56 cm. Untuk serigala jantan dan betina, mereka mempunyai tinggi rata – rata 80 – 85 cm.

Karakteristik Bulu

Siberian husky mempunyai 2 lapis bulu tebal halus yang membantu mereka dalam menghadapi iklim dingin dan bersalju. Lapisan pertama dan yang paling bawah adalah Down Hair, fungsinya adalah untuk menjaga suhu tubuh dalam batasan tertentu. Lapisan kedua adalah Guard Hair, yang mempunyai fungsi untuk menangkis air dan sinar ultraviolet matahari. Serigala juga mempunyai 2 lapisan bulu tapi tidak setebal dan sehalus Siberian husky. Down Hair pada serigala lebih pendek dan Guard hair yang panjang dan kaku.

Karakteristik Mata

Mata anjing Siberian Husky dideskripsikan berbentuk seperti kacang almond dan biasanya berwarna biru, hitam, atau coklat. Mata serigala hampir sama seperti siberian husky tapi warna mata serigala berwarna kuning dan pada malam hari berubah menjadi emas ke hijauan.

Bentuk ekor

Ekor dari siberian husky ditutupi bulu-bulu yang tebal dan biasanya ekor mereka akan dilekukkan ke arah muka atau hidung ketika tidur untuk menambah kehangatan. Sedangkan
serigala mempunyai ekor panjang dengan bulu yang kasar dan tidak pernah menekukkan ekornya.

Perbedaan sifat dan tingkah laku

Siberian husky dan serigala berasal dari tempat dan lingkungan yang berbanding terbalik. Siberian Husky hidup di lingkungan dengan banyak manusia dan mereka digunakan juga sebagai teman untuk membantu pekerjaan manusia. Alhasil mereka mempunyai sifat ramah dan bersahabat dengan makhluk hidup lain, mampu beradaptasi dengan lingkungan sekitar dan mudah untuk dilatih.

Berbanding terbalik dengan serigala yang hidup di alam liar dan berkelompok dengan serigala lain. Mereka lebih agresif dan liar karena mereka jarang sekali bertemu atau berkontak langsung dengan manusia. Dan serigala sangat susah juga untuk dilatih dan dijinakkan karena sifat mereka yang kerasa kepala dan agresif.

Perbedaan kemampuan

Kemudian dalam ketinggian melompat serigala lebih unggul dibandingkan siberian husky dengan serigala dapat melompat setinggi 1,5 – 2,1 meter dan siberian husky dengan ketinggian 1,3 – 1,6 meter. Dan yang terakhir adalah kekuatan gigitan. Karena struktur rahang dan gigi yang lebih kuat, kekuatan gigitan serigala dapat mencapai 544 kilogram. Sedangkan siberian husky hanya dapat mencapai angka 145 kilogram.

Kesimpulan

Karena serigala hidup di alam liar dan mempunyai strukur tubuh khusus untuk berburu dan bertahan hidup di alam, kemampuan serigala lebih unggul dibandingkan dengan siberian husky. Serigala dapat berlari dengan kecepatan 48 – 80 km/jam sedangkan siberian husky hanya dapat berlari 41-48 km/jam.

Walaupun serigala dan siberian husky masih dalam satu species yang sama, tetap saja ada banyak perbedaan-perbedaan yang dapat ditemukan jika dipelajari lebih detail. Contohnya perbedaan dalam proporsi dan berat tubuh, ciri fisik yang terlihat, perbedaan tingkah laku dan sifat yang sangat berbeda, dan perbedaan dalam kemampuan fisik hewan. Serigala lebih cenderung terlihat lebih kuat dan agresif karena faktor gen dan lingkungan hidupnya yaitu di alam liar. Sedangkan Siberian Husky lebih menunjukkan sisi ramah dan bersahabat karena faktor lingkungan hidup dan sekitar mereka.

1 thought on “Apa Perbedaan Siberian Husky dan Serigala ?

Comments are closed.