Otter dan berang – berang, dua hewan yang sekilas terlihat mirip. Sama – sama hidup di daerah yang dekat dengan air, warna bulu yang hampir sama, bahkan kalau kita cari di google ataupun kalian translate bahasa inggris dari kedua hewan ini ke bahasa Indonesia hasilnya akan menunjukkan kata berang – berang. Jadi untuk di pembahasan ini, penulis menggunakan kata otter untuk membedakan satu sama lain.

Apa saja perbedaan otter dan berang – berang ?

Singkatnya perbedaan antara otter dan berang – berang adalah sebagai berikut :

1. Otter termasuk ke dalam ordo karnivora sedangkan berang – berang ada di ordo rodentia

2. Otter adalah hewan karnivora sedangkan berang – berang hewan herbivora

3. Otter berelasi lebih dekat dengan musang dibandingkan dengan berang – berang

4. Sedangkan berang – berang berelasi dekat dengan tikus dan hewan pengerat lainnya.

Pembahasan yang lebih lengkap dari perbedaan otter dan berang – berang bisa kalian baca di bagian bawah ini.

Berang – berang

seekor-berang-berang-memegang-ranting-di-dalam-air
Foto Seekor Berang – berang

Berang – berang merupakan hewan yang masuk ke dalam kelas Mamalia dan ordo Rodentia (Pengerat). Berang – berang tersebar di Amerika Utara, Eropa , dan beberapa bagian benua Asia. Karena berang – berang termasuk ke dalam ordo Rodentia, berang – berang mempunyai relasi yang dekat dengan tikus. Berang – berang juga termasuk ke dalam hewan herbivora, yaitu hidup dengan memakan dedaunan, kulit pohon, ranting pohon, akar – akaran , dan tumbuhan air.

Seperti yang orang banyak tau, berang – berang mempunyai habitat yang unik yaitu semacam bendungan yang mereka buat. Bendungan yang mereka buat ini bisa ditemukan di sepanjang aliran sungai yang dangkal atau anak sungai.

Otter

dua-otter-lucu
Foto Dua Ekor Otter

Otter merupakan hewan yang termasuk juga ke dalam kelas Mamalia dengan ordo Karnivora dan famili Mustelidae. Otter tersebar di semua benua yang ada dunia kecuali benua Australia dan benua Arktik. Karena otter termasuk ke dalam Mustelidae, otter mempunyai relasi yang dekat dengan hewan musang. Otter hidup dengan memakan ikan, hewan amfibi, reptile air, dan hewan invertebrata.

Sebagian besar spesies otter hidup di sungai, danau, dan lahan basah. Sebagian lainnya yaitu spesies otter laut hidup di daerah yang tersebar di samudera pasifik.

Perbedaan Fisik

Otter mempunyai bentuk tubuh memanjang yang ramping dengan ekor kuat seperti alat kemudi ketika berenang serta kaki yang berselaput. Sedangkan berang – berang mempunyai bentuk badan seperti tikus tapi dengan ukuran yang lebih besar, bentuk muka yang tumpul disertai dengan gigi depan yang menonjol kedepan. Sama dengan otter, berang – berang mempunyai selaput pada kakinya dan ekor yang berfungsi sebagai alat bantu ketika berenang tetapi dengan bentuk berbeda yaitu ekor yang pipih.

Perbedaan Tempat Tinggal

Otter dan berang – berang sama – sama hidup di lingkungan yang dekat dengan air seperti danau dan sungai. Yang membedakan adalah berang – berang membuat sarang berbentuk seperti bendungan dengan mengumpulkan ranting, rumput, dan lumpur kemudian mereka gunakan untuk membuat sarangya. Sedangkan otter biasanya memanfaatkan sarang yang sudah dibuat terlebih dahulu oleh hewan lain yang sudah tidak ditinggali.

Perbedaan Klasifikasi

Otter termasuk ke dalam ordo Karnivora sedangkan berang – berang masuk ke dalam ordo Rodentia atau ordo Hewan Pengerat. Otter juga berelasi lebih dekat dengan musang dibandingkan dengan berang – berang, sedangkan berang – berang berelasi dekat dengan hewan pengerat lain seperti tikus. Karena otter termasuk ke dalam ordo Karnivora, otter hidup dengan memakan daging – dagingan seperti ikan, hewan amfibi, reptile air dan hewan air kecil lainnya. Sedangkan berang berang hidup dengan memakan bagian – bagian tumbuhan seperti daun, ranting pohon, akar – akaran ataupun tumbuhan air.

Hubungan Dengan Manusia

Dua hewan ini sama – sama menjadi subjek penangkapan oleh manusia. Otter dan berang – berang ditangkap untuk diambil kulitnya kemudian dimanfaatkan untuk dijadikan bahan pakaian ataupun dekorasi ruangan.

Mungkin yang membedakan hubungan masing – masing hewan ini dengan manusia adalah kebiasaan mereka yang sedikit mengganggu manusia. Berang – berang dengan kebiasaannya yaitu membuat sarang berbentuk bendungan di sungai – sungai dan otter yang terkadang menjadi berkurangnya stok ikan di suatu wilayah perairan. Bahkan terkadang nelayan menjebak kemudian membunuh otter yang lucu dan tidak bersalah ini demi mencegah jumlah ikan – ikan berkurang sehingga nelayan mendapatkan hasil tangkapan yang banyak.

Itulah beberapa perbedaan dari otter dan berang – berang yang mungkin belum banyak orang yang tahu. Mulai dari perbedaan di klasifikasi nya, ciri fisik yang dimiliki, jenis makanan yang dimakan, tempat tinggalnya dan hubungan dua hewan tersebut dengan manusia.