burung-rangkong-dilihat-dari-dekat-berwarna-hitam
Foto salah satu spesies Burung Rangkong

Burung cendrawasih dan burung rangkong memang sudah jelas perbedaannya. Mulai dari ciri fisik, klasifikasi ilmiahnya, habitat, dan masih banyak yang lainnya. Tapi apa salahnya kalau kita membahas lebih dalam perbedaan dari dua burung eksotis ini. Jadi langsung ajaa kita masuk ke pembahasan perbedaan burung cendrawasih dan burung rangkong.

Perbedaan dari burung cendrawasih dan burung rangkong yang terlihat jelas adalah ciri fisik yang khas dari masing-masing burung ini. Burung cendrawasih mempunyai bulu dan warna yang indah dan beberapa jenis burung cendrawasih jantan mempunyai semacam bulu panjang dibelakang yang berfungsi untuk menarik perhatian betinanya. Sedangkan burung rangkong mempunyai paruh besar dan warna mencolok yang indah pada bagian kepala sampai dengan leher.

Burung Cendrawasih

dua-burung-cendrawasih-didahan-pohon
Foto Burung Cendrawasih

Burung Cendrawasih merupakan jenis burung dalam famili Paradisaeidae. Terdapat 42 spesies burung cendrawasih yang bisa ditemukan di wilayah Papua New Guinea dan Timur Australia.
Burung ini terkenal karena keindahan dari warna dan pola bulu-bulu mereka. Warna dan pola bulu mereka dipengaruhi oleh species ,subspecies, dan umur burung itu sendiri.

Burung Cendrawasih termasuk kedalam hewan dengan dimorfisme seksual ( mayoritas ). Dimorfisme seksual adalah kondisi dimana terdapat perbedaan fisik dari suatu hewan dengan kelamin berbeda walaupun mereka dalam satu species ataupun subspesies. Contohnya adalah perbedaan dalam warna bulu, warna paruh, warna pada kaki, dan yang lainnya.

Jenis burung ini banyak tersebar di daerah Papua New Guinea,tapi ada juga beberapa species yang tersebar di Timur Australia, Maluku, dan Queensland. Mereka hidup di hutan – hutan tropis seperti hutan hujan, rawa-rawa, dan hutan lembap. Untuk makanan Burung Cendrawasih sendiri, mereka memakan buah – buahan, serangga, nektar dan beberapa ada yang memakan vertebrata kecil. Rasio seberapa banyak jenis makanan yang mereka makan sangat bervariasi tergantung dengan speciesnya. Ada beberapa species yang makanannya didominasi oleh buah dan beberapa species lain didominasi oleh serangga.

Burung Rangkong

burung-rangkong-berwarna-abu-abu
Foto Burung Rangkong

Burung Rangkong adalah jenis burung yang termasuk dalam famili Bucerotiformes. Terdapat 55 species burung rangkong yang bisa ditemukan di wilayah subtropis Afrika, Asia, dan Melanesia. Burung ini terkenal karena paruh mereka yang besar dan panjang dan juga warna yang menarik pada daerah sekitar paruh mereka . Untuk warna pada paruh dan sekitar paruh mereka, itu tergantung dari speciesnya. Beberapa species ada yang memang mempunyai warna cerah dan indah pada paruh dan sekitar paruhnya. Dan ada juga species yang mempunyai warna gelap atau pun putih pada paruh dan sekitar paruhnya.

Sama dengan Burung Cendrawasih, Burung Rangkong juga termasuk kedalam hewan dengan dimorfisme seksual. Contohnya pada burung rangkong adalah perbedaan berat badan, panjang paruh, dan lebar sayap pada jantan dan betinanya.

Burung ini termasuk dalam kelompok hewan omnivora, yang artinya burung ini adalah hewan pemakan segala. Mereka memakan buah, serangga-serangga, dan hewan kecil. Spesies burung Rangkong yang memakan buah – buahan biasanya hidup di daerah hutan sedangkan yang memakan serangga dan hewan kecil hidup di daerah terbuka yang minim pepohonan.

Perbedaan dalam Klasifikasi

Sekarang kita masuk ke pembahasan perbedaan yang pertama yaitu perbedaan klasifikasi dari burung cendrawasih dan burung rangkong. Perbedaannya ada pada ordo dan famili mereka, Tapi disini kita akan membahas perbedaan dalam ordonya. Burung Cendrawasih masuk ke dalam ordo Passeriformes, yaitu ordo burung yang mempunyai arti “berbentuk burung pipit”. Ciri khas yang membedakan ordo ini dengan ordo burung lain adalah bentuk kaki unik dengan 3 jari panjang di depan dan 1 jari panjang dibelakang.

Sedangkan Burung Rangkong termasuk ke dalam ordo Bucerotiformes, yaitu ordo burung yang terdiri rangkong dan hupo. Ordo burung ini bisa ditemukan di wilayah Afrika, Asia, dan Papua Nugini. Ciri khas dari ordo ini adalah paruh yang besar dan keras.

Perbedaan Ciri Fisik

JIka dilihat dan kemudian dibandingkan antara satu sama lain, memang sangat terlihat perbedaan dari kedua burung ini. Dan disini kita akan membahas perbedaan ciri fisik dua jenis burung ini secara detail mulai dari ukuran tubuh sampai dengan hal – hal kecil.

1. Paruh

Secara umum, semua jenis burung rangkong mempunyai paruh yang lebih besar dan panjang jika dibandingkan dengan paruh burung cendrawasih. Paruh burung cendrawasih cenderung lebih kecil dan pendek.

2. Ukuran Tubuh

Ukuran burung rangkong dan burung cendrawasih bermacam- macam tergantung dari spesiesnya. Spesies burung rangkong terkecil adalah rangkong kurcaci hitam dengan berat 100 gram dan ukuran panjang 32 cm. Sedangkan spesies burung cendrawasih terkecil adalah Raja Cendrawasih dengan berat hanya mencapai 50 gram dan ukuran panjang 15 cm.

Untuk spesies burung rangkong dengan ukuran terbesar adalah spesies rangkong tanah selatan dengan berat mencapai 6 kg dan panjang mencapai 100 cm. Sedangkan untuk spesies cendrawasih dengan ukuran terbesar adalah Curl-crested manucode dengan panjang hanya mencapai 43 cm dan beratnya 450 gram. Bisa disimpulkan bahwa Burung Rangkong secara umum mempunyai ukuran tubuh dan berat yang lebih besar dibandingkan dengan Burung Cendrawasih.

3. Warna Bulu

Pada burung cendrawasih, warna bulu bervariasi dengan kelompoknya. Contoh pada cendrawasih yang termasuk ke dalam kelompok Monomorfik, mereka biasanya mempunyai warna bulu dengan dasar hitam dan gradasi dari hijau dan biru. Untuk kelompok Dimorfik, burung cendrawasih betina biasanya mempunyai warna bulu yang mirip dengan habitatnya dan jantannya mempunyai warna bulu yang cerah. Sedangkan pada burung rangkong biasanya mereka mempunyai warna bulu hitam, abu, putih atau coklat dan warnanya sering menyesuaikan warna paruhnya.

Perbedaan Habitat

Burung rangkong bisa di temukan di wilayah Afrika, India, Filipina, Kepulauan Solomon, dan Indonesia. Mereka hidup di daerah hutan – hutan lebat, hutan terbuka, savanna, dan tempat- tempat kering. Sedangkan burung cendrawasih mereka hanya bisa ditemukan di wilayah
timur Indonesia, seperti Maluku, Papua , Papua Nugini dan Australia. Burung cendrawasih hidup di daerah hutan – hutan tropis seperti hutan hujan, rawa dan hutan berlumut. Tapi ada beberapa
spesies cendrawasih hidup di hutan subtropis dan hutan berair.

Kesimpulan

Perbedaan dari burung cendrawasih dan burung rangkong bukan hanya dari ciri fisiknya saja. Tapi masih ada banyak hal yang menjadi pembeda dua burung ini seperti klasifikasinya, wilayah dan habitat mereka hidup, makanan, dan sifat mereka.