kumpulan-zebra-mamalia-afrika

Mamalia benua Afrika – Apa yang ada di pikiran anda ketika mendengar kata atau nama benua Afrika? Pasti kebanyakan dari kita sudah mengetahui sedikit akan berbagai benua di dunia. Tidak sedikit dari kita akan berpikiran tentang keanekaragaman bukan! Dengan begitu tidak bisa disanggah jika benua Afrika memang sangat kaya akan keanekaragaman hayati nya. Termasuk di dalamnya terdapat berbagai macam hewan mamalia yang tengah hidup di Afrika. Nah, benua hitam atau yang kita kenal dengan benua Afrika sudah terkenal akan kekayaan dalam hal keanekaragaman hayati nya. Di benua ini kita akan menemukan banyak sekali spesies mamalia benua Afrika yang cukup terkenal.

Saat melihat lebih jauh lagi, berdasarkan fakta yang ada di lapangan. Ternyata masih ada banyak sekali fauna lain yang tidak kalah memukau dan eksotis. Benua Afrika juga populer sebagai benua terbesar kedua di dunia dan memiliki jumlah penduduk terbanyak kedua. Setelah benua asia tentu menarik perhatian seluruh orang dari berbagai belahan dunia. Mengingat kondisi benua yang sebagian besar ini berbentuk rawa, gurun serta savana. Pasalnya tidak membuat hewan mamalia benua Afrika ini kesulitan untuk beradaptasi di benua ini.  Karena populasi dari beberapa hewan ini cukup tinggi, mampu membuat para wisatawan menjadi tertarik. Dan tidak segan mengunjungi berbagai mamalia benua Afrika ini.

Inilah 7 Macam – Macam Hewan Mamalia Benua Afrika Yang Terkenal Eksotis Yang Perlu Anda Tahu

Seperti yang kita ketahui bersama, jika benua Afrika ini memang terkenal sebagai benua dengan keanekaragaman satwa. Selain itu Afrika juga terkenal dalam hal keanekaragaman mamalia benua Afrika. Bahkan diantara anda pasti juga dapat menyebutkan banyak hewan mamalia khas Afrika. Contohnya kita kenal seperti cheetah, singa, jerapah, kuda nil, zebra dan lain – lain.  Namun, kenyataannya masih ada banyak sekali hewan – hewan mamalia yang bisa kita temukan di benua Afrika. Meskipun nama mamalia benua Afrika memang tidak populer dan mungkin anda masih asing mendengarnya. Hewan – hewan mamalia ini tetap memiliki keunikan yang tersendiri. Keunikan ini juga yang membuat banyak orang penasaran tentang hewan apa saja yang terdapat di benua Afrika ini.

Mamalia atau lebih dikenal sebagai hewan menyusui. Merupakan salah satu makhluk hidup yang memiliki ciri utamanya yakni kelenjar susu dari sang betina. Dimana kelenjar susu ini berfungsi sebagai sumber makanan bayinya. Hal ini juga berlaku untuk mamalia benua Afrika. Ciri lainnya, hewan ini memiliki tubuh yang ditutupi oleh rambut, vertebrata (memiliki tulang belakang) dan berdarah panas. Untuk mamalia ini berasal dari bahasa latin yang dikenal dengan mammae yang memiliki arti payudara. Jadi tidak perlu heran jika mamalia ini adalah hewan yang memiliki kelenjar susu pada betinanya.

Jumlah populasi mamalia benua Afrika ini memang cukup banyak. Dimana hewan – hewan ini sudah pasti memiliki keunikan tersendiri. Maka dari itu, mari yuk kita kenalan dengan hewan mamalia benua Afrika yang menawan dan eksotis berikut ini:

1. Kelelawar Buah Berwarna Jerami

kelelawar-buah-berwarna-jerami-afrika

Mamalia benua Afrika yang pertama adalah kelelawar buah kuning (Eidolon helvum). Untuk warna kuning kelelawar ini sebenarnya hanya ada di bagian leher.  Hewan mamalia yang satu ini termasuk persebaran terluas di Afrika. Tidak hanya memakan buah saja, faktanya kelelawar ini juga memakan kulit kayu dan makan daun. Alasan ini juga mengapa benua Afrika ini telah menjadi rumah bagi ratusan spesies kelelawar.

2. Babi Sungai Merah

babi-sungai-merah-afrika

Mamalia benua Afrika yang kedua adalah babi sungai merah. Babi merah yang satu ini terkenal dengan nama potamochoerus porcus. Hewan mamalia ini bukanlah babi liar biasa. Hal ini dikarenakan hewan yang satu ini terkenal sebagai babi paling berwarna di dunia. Tentu bukan tanpa alasan, karena memang warna babi ini cukup mencolok. Sebab hewan mamalia yang satu ini memang terkenal sebagai babi liar terkecil di Afrika dengan ukuran dapat mencapai hingga 127 cm dan 129 kg. Nah, babi sungai merah ini berhabitat dekat dengan perairan. Kelebihan lain dari hewan mamalia ini mereka memiliki kemampuan untuk berenang.

3. Nyala

rusa-nyala-mamalia-afrika

Mamalia benua Afrika yang ketiga yang bisa anda temukan adalah nyala. Kita tahu bukan, Afrika ini terkenal memiliki banyak spesies antelop. Dimana spesies yang satu ini memang terkenal sangat unik dan salah satunya adalah nyala. Karena dari segi penampilan mereka ini sangat mencolok jika dibandingkan dengan spesies antelop lain. Keunggulan lain yang dimiliki oleh hewan mamalia yang satu ini memiliki dimorfisme seksual yang cukup luar biasa. Bahkan dengan ukuran jantan dua kali lipat dibandingkan yang betina.

4. Aardwolf

aardwolf-mamalia-afrika

Mamalia benua Afrika yang keempat ini adalah aardwolf. Faktanya hewan ini memang masih berkaitan dengan salah satu spesies hiena. Dimana mereka terkenal sebagai hewan hiena terkecil dengan panjang hanya 1 meter berat maksimal 15 kg. Jika kebanyakan hewan hiena lain ini terkenal sebagai pemakan daging yang ganas. Hal ini berbanding terbalik dengan hiena yang satu ini. Karena aardwolf ini terkenal sebagai pemakan serangga dan makanan mereka sebagian besar adalah rayap.

5. Otter tak berkuku Afrika

otter-tak-berkuku-mamalia-afrika

Mamalia benua Afrika yang kelima ini adalah otter tak berkuku Afrika.  Untuk spesies otter yang satu ini memang terbilang cukup unik. Sebab berbeda dengan hewan mamalia karnivor yang lain. Karena mamalia benua Afrika yang satu ini sama sekali tidak memiliki kuku. Hal ini dikarenakan hanya ada kuku kecil di kaki belakangnya yang memang digunakan untuk membersihkan diri saja. Walaupun begitu, tetap saja mereka tetap jago dalam menangkap makanan favorit mereka. Misalnya saja seperti katak, ikan, reptil dan serangga dll.

6. Galago besar coklat

galago-coklat-besar-mamalia-afrika

Mamalia benua Afrika yang keenam adalah galago besar cokelat. Hewan yang satu ini terkenal sebagai hewan permata dan ada banyak populasinya di Afrika. Untuk galago yang satu ini memang dikenal dengan bushbaby. Hal ini diberi nama seperti ini karena mengacu pada suara mereka yang konon mirip dengan suara anak kecil. Dimana anak kecil yang sedang menangis. Untuk hewan galago yang seperti ini memang memiliki panjang sekitar 70 cm dan berat 1,5 kg.

7. Gundi

tikus-gundi-mamalia-afrika

Mamalia benua Afrika yang ketujuh ini adalah Gundi.  Nah, mamalia ini terkenal sebagai hewan pengerat unik yang dapat kita temui dengan mudah di Afrika. Gundi (ctenodactylus gundi) ini merupakan salah satu dari lima spesies yang ada di dunia.  Jika membahas soal ukuran, gundi ini memiliki ukuran 24 cm dan berat 180 gram. Jika kita umpamakan, hewan ini memiliki ukuran sebesar tikus besar. Gundi ini berhabitat di kawasan pegunungan berbatu hingga mencapai ketinggian 2.500 meter di atas permukaan laut.

Nah, itulah 7 spesies mamalia benua Afrika yang hingga kini masih jarang diketahui orang. Walaupun hewan mamalia di atas ini kurang populer. Akan tetapi kenyataannya hewan ini pun tidak kalah unik dan dapatkan dijadikan sebagai bukti jika satwa yang ada di Afrika ini cukup luar biasa.

Artikel Menarik Lainnya :

Hewan Laut di Benua Afrika yang Unik dan Jarang Diketahui

Kenalan Yuk Dengan 6 Jenis Burung Langka di Benua Afrika Ini