dua-burung-lorikeet-pelangi

Jenis burung di Australia – Australia terlihat seperti benua besar yang memisahkan diri. Di samping itu Australia ini juga populer sebagai rumah bagi banyak satwa liar. Dan lebih uniknya lagi, sebagian spesies mereka ini memang tidak akan di temukan di negara lain. Begitu juga dengan jenisjenis burung di Australia ini pun demikian. Negara Australia memang menjadi salah satu negara dengan penduduknya yang multikultur. Apalagi di negeri kanguru ini, kita pun akan menemukan masyarakat dari berbagai negara di dunia.  Misalnya saja seperti Afrika, Asia, dan Amerika Serikat. Dapat dibilang negara Australia ini telah masuk ke kategori negara terbesar ke enam di dunia.

Sehingga wajar jika negara ini memiliki keunikan tersendiri baik itu dalam geografi, sosiologi, dan lain sebagainya. Salah satu keunikan yang dimiliki oleh Australia ini adalah memiliki pagar dingo terpanjang di dunia. Karena dingo ini sendiri merupakan satwa liar yang banyak di temukan di Australia. Karena saking liarnya, hewan ini sampai di takuti oleh para peternak domba wol. Hal ini dikarenakan dingo ini sendiri seringkali mencuri dan memangsa domba – domba di ladang. Sehingga membuat rugi para peternak domba wol. Meskipun begitu, Australia merupakan negara yang memiliki hewan unik yang mampu menarik banyak orang untuk berkunjung ke negara ini.

Inilah 6 Jenis – Jenis Burung Di Australia Yang Keren Dan Khas Yang Perlu Anda Tahu

Australia terkenal sebagai negara yang memiliki hewan unik. Bahkan Australia ini memiliki lebuh dari 378 spesies mamalia., 828 spesies jenis burung di Australia, dan 4000 spesies ikan. Tidak hanya itu Australia ini juga memiliki 300 spesies kadal, 140 spesies ular dan dua spesies buaya.  Hingga lebih dari 50 jenis mamalia laut. Menurut penelitian, lebih dari 80 persen tumbuhan, reptil, mamalia, serta katak yang ada di negara Australia ini memang tidak didapatkan di negara lain.  Bahkan sebagian hewan ini memang terkenal di dunia.  Sebut saja seperti koala, kanguru, anjing dingo, ekidna, walabi hingga wombat.

Nah, dari 828 spesies jenis burung di Australia ini sekitar setengahnya tidak di temukan di tempat lain. Sebut saja seperti burung isap madu yang kecil hingga emu besar. Yakni setinggi hampir 2 meter yang tidak bisa terbang. Salah satu peluang baik untuk menemukan jenis burung di Australia sejenis emu ini biasanya dia alam liar.  Biasanya dapat ditemukan di padang rumput, hutan sabana, hutan sklerofil dll. Di Australia ini kita akan menemukan berbagai burung air, burung laut, dan burung lainnya yang mendiami rimba serta hutan terbuka. Jenis burung di Australia yang sudah disebutkan ini sudah pasti memiliki keunikan yang khas dan bahkan tidak bisa ditemukan di negara lain.

Lalu, apa saja daftar jenis burung di Australia keren yang hanya bisa anda temukan di negara ini diantaranya:

1. Burung Kasuari

burung-kasuari-australia

Untuk jenis burung di Australia yang pertama ini adalah burung kasuari. Dimana burung yang satu ini berukuran besar dan hidup di Australia timur laut. Hewan yang satu ini memang cukup betah tinggal di hutan hujan tropis. Jenis makanan favorit yang dimakan ada buah, bunga, serangga, iklan, burung, katak, hingga tikus. Jenis burung yang tidak bisa terbang ini memiliki kepala dan leher yang khas berwarna biru terang. Keunikan burung kasuari ini memiliki tanduk lunak berbentuk datar. Perlu anda ingat, jangan mencoba – coba untuk mengganggu jenis burung di Australia yang satu ini. Karena mereka pun tidak segan – segan menendang siapa saja yang mengganggu. Selain itu kaki serta cakarnya tajam dan kuat. Memiliki kemampuan untuk merobohkan para pengganggu.

2. Burung Emu

burung-emu-australia

Salah satu jenis burung di Australia yang kedua dan cukup terkenal adalah Emu. Dimana mereka ini mampu hidup di aneka iklim.  Entah itu pada hutan tropis yang hangat, selain itu gurun panas hingga salju yang dingin. Kebanyakan jenis burung yang satu ini mampu tumbuh hingga 190 cm. Keunikan hewan emu yang satu ini mampu melakukan perjalanan jauh demi memburu sumber makanan. Emu ini sendiri dapat melahap rumput, tanaman biji, hingga serangga. Meskipun jenis burung di Australia ini berukuran besar, mereka mampu bergerak hingga 48km/jam.

3. Burung Pelican Australia

burung-pelikan-australia

Jenis burung di Australia yang ketiga adalah burung pelican Australia. Spot yang disukai oleh burung ini sebagai tempat tinggal adalah daratan di air tawar dan sepanjang pantai air asin. Bahkan sering kali hewan ini ditemukan sedang duduk di atas lampu jalan. Sehingga orang – orang yang berkendara akan terhibur dengan penampilan burung yang satu ini. Jenis burung di Australia yang satu ini bisa dengan mudah menelan ikan. Sebab paruhnya dapat terbuka dengan lebar. Kantung yang terdapat di bawah paruhnya ini mampu menyimpan banyak iklan. Bisa 3 kali lipat iklan yang ditampung di perutnya.

4. Burung Penguin Peri

burung-penguin-peri-australia

Jenis burung di Australia yang keempat ini adalah burung penguin peri. Dimana burung yang satu ini memang tidak bisa terbang sama sekali. Spesies penguin ini mendiami pesisir pantai Australia. Meskipun sayap pinguin ini tidak bisa digunakan untuk terbang. Akan tetapi dapat berfungsi dengan baik di lautan. Dengan sayap yang dimiliki ini, jenis burung di Australia ini dapat berenang dengan lincah demi mencari makanan. Makanan favorit mereka ini adalah cumi – cumi dan makhluk laut kecil lainnya.

5. Burung Lorikeet Pelangi

burung-lorikeet-pelangi-australia

Jenis burung di Australia yang kelima ini adalah burung lorikeet. Entah itu penduduk asli maupun turis asing pasti menyukai burung yang satu ini. Dimana burung ini memiliki ukuran sedang di lengkapi dengan warna – warni yang cerah. Selain itu jenis burung ini memiliki punggung sayap ekor hijau. Dimana paruh merah terang, perut dan kepala biru dengan dada orange. Bahkan orang – orang ingin melihat dari jarak dekat dan mampu memberi makan burung – burung tersebut.

6. Burung Paruh Katak

burung-paruh-katak-australia

Untuk jenis burung di Australia yang keenam adalah burung paruh katak. Jenis burung ini jika kita lihat sekilas memang mirip dengan burung hantu. Dimana keduanya juga dikenal nokturnal. Akan tetapi keduanya pun berbeda. Untuk burung paruh katak ini menggunakan paruhnya untuk menangkap mangsa. Jika mereka mendeteksi bahaya, maka burung – burung ini pun akan menjadi membeku. Selain itu keunikan yang dimiliki oleh burung yang satu ini adalah mampu berbaur dengan pepohonan.  Dengan cara kamuflase untuk mengelabuhi musuh dan terhindar dari bahaya.

Nah, itulah seputar deskripsi beberapa jenis burung di Australia yang keren dan tentu sudah cukup menggelitik bukan. Jadi saat anda liburan ke Australia. Jangan sungkan untuk langsung melihat keunikan dari beberapa jenis burung yang sudah kami sebutkan di atas.