kumpulan-ikan-piranha-sungai-amazon

Ikan Air Tawar di Sungai Amazon– Jika membahas soal benua Amerika memang tidak akan pernah ada habisnya bukan. Ketika mendengar nama negara ini pikiran kita akan dibawa ke banyak hal pastinya. Seperti apa yang dimiliki oleh Amerika salah satunya kecanggihan teknologinya. Selain itu soal budayanya, bangunan – bangunan iconic nya dan beberapa hal – hal luar biasa lainnya. Akan tetapi di balik ke adidaya nya, telah menjadi salah satu negara super power ini. Memang ada banyak hal yang belum di ketahui oleh banyak orang sekalipun. Sebagai salah satu benua yang ada di dunia ini, benua Amerika ini juga memiliki batasan wilayah, flora dan fauna.

Selain itu iklim, penduduk dan pembagian wilayah dan negara – negaranya. Benua Amerika ini sendiri membujur dari arah selatan dan membentuk dua daratan yang disebut dengan Amerika selatan atau Amerika latin.  Sedangkan untuk Amerika utara ini di sebut dengan Anglo Amerika. Nah, kedua daratan ini dihubungkan oleh daratan yang sempit yang di kenal dengan Amerika Tengah.  Kepadatan penduduk di benua Amerika ini rata – rata 18, 34%/km2.  Sedangkan pemusatan penduduk terdapat di Amerika Utara dan Amerika Tengah sebesar 75% dari jumlah keseluruhan penduduk di benua Amerika.

Inilah 6 Macam Ikan Air Tawar Di Benua Amerika Yang Hidup Di Perairan Sungai Amazon

Seperti yang kita ketahui bersama, sungai Amazon ini merupakan sumber flora dan fauna yang terletak di benua Amerika bukan. Di sini kita akan menemukan berbagai macam ikan air tawarunik dan tidak di temukan di negara lain. Sungai Amazon ini sendiri terletak di benua Amerika selatan serta memiliki panjang sekitar 7.200 km. Memiliki debit air sungai Amazon sendiri merupakan yang terbesar jika dibandingkan dengan sungai lainnya. Untuk rata – rata debit air sungai Amazon ini sendiri berkisar 209.000 meter kubik.

Dengan panjang tersebut, tidak mengherankan jika sungai Amazon ini banyak dihidupi oleh satwa liar termasuk ikan – ikan Air tawar. Apalagi seperti yang kita ketahui bersama jika sungai Amazon ini. Dikenal sebagai sungai yang di huni oleh ikan air tawar yang buas dan galak. Karena menurut penelitian memang terdapat sekitar 2000 spesies ikan yang hidup di perairan sungai Amazon ini.  Dimana tidak hanya ikan sungai Amazon, pada mulanya memang dikenal sebagai sungai tempat berkembang biak anaconda.  Perlu anda tahu ciri khas sungai Amazon ini adalah sungai yang tenang yang sering menjadi tempat sarang ikan – ikan buas. Bahkan tidak hanya buas, di tempat ini anda juga akan menemukan ikan air tawar yang cantik dan indah.

Nah, berikut ini ada beberapa jenis ikan air tawar yang ada di sungai Amazon.  Mulai paling mempesona hingga yang paling ganas diantaranya:

1. Tambaqui

ikan-tambaqui-sungai-amazon

Untuk jenis ikan air tawar di sungai amazon yang pertama adalah Tambaqui (colossoma marchopomum). Hewan laut yang satu ini juga dikenal dengan nama Pacu. Ikan Tabaqui ini adalah pemakan buah atau benih yang dianggap sebagai salah satu ikan air tawar paling lezat di dunia. Masih termasuk anggota keluarga piranha. Untuk spesies ikan air tawar sungai amazonyang satu ini dapat mencapai panjang 90 cm. Dan untuk beratnya sendiri dapat mencapai hingga 45 kg. Sebagai salah satu ikan yang paling berharga di kawasan ini. Ikan ini sering memakan biji pohon karet dan biasanya ditemukan di perairan dekat Manaus Brazil. Yakni tempat pelayanan perahu sungai di mulai.

2. Arapaima

ikan-araipama-gigas-sungai-amazon

Untuk jenis ikan air tawar di sungai amazonyang kedua adalah Arapaima (Arapaima gigas). Untuk hewan laut yang satu ini memang agak sulit tangkap. Hewan yang satu ini dikenal sebagai pirarucu atau paiche. Sehingga tidak akan diragukan lagi adalah ikan karnivora besar yang dapat di temukan di sungai Amazon. Dan untungnya untuk ikan air tawar di sungai amazon yang terkenal sebagai ikan raksasa ini. Lebih suka untuk memangsa ikan dan burung lain ketimbang manusia.  Terkenal sebagai predator hewan ini pun sangat efektif sehingga mereka pun bahkan dapat hidup di perairan penuh dengan piranha. Jika memang anda pun tidak bisa menangkapnya dari perairan. Maka sudah pasti kemungkinan anda akan melihatnya berenang. Mahluk yang satu ini dapat mencapai panjang hingga 2,7 meter dengan berat 90 kg.

3. Armored catfish

ikan-lele-berpelindung-sungai-amazon

Untuk jenis ikan air tawar di sungai amazon yang ketiga adalah Armored catfish. Hewan laut satu ini ditandai dengan lempeng bertulang yang menutupi kulit mereka. Armored Catfish ini masuk dalam keluarga loricariid. Memiliki mulut penghisap mereka memungkinkan mereka untuk makan.  Selain itu bernapas, menempel dengan menggunakan daya isap yang luar biasa. Ikan air tawar di sungai amazon yang satu ini dapat memakan kayu, akan tetapi tidak dapat mencerna nya dan harus mengeluarkannya dalam bentuk kotoran.

4. Ikan Pari Harimau

ikan-pari-harimau-sungai-amazon

Untuk ikan air tawar di sungai amazon yang keempat ini adalah Pancake stingray. Untuk spesies yang baru ini ditemukan pada tahun 2012 lebih tepatnya di Rio Nanay dekat Iquitos Peru. Nah, jenis ikan air tawar di sungai amazon yang satu ini diketahui tumbuh sekitar 450 kg.  Dimana mereka ini memiliki lebih dari 40 spesies berbeda dan lebih banyak ditemukan lagi di setiap tahun di sungai Amazon.

5. Hiu Banteng

ikan-hiu-banteng-sungai-amazon

Ikan air tawar di sungai amazon yang kelima adalah hiu aenteng.  Nah, hiu banteng alias bull shark ini telah mampu beradaptasi untuk menjadi ikan air tawar. Serta sebagian besar ditemukan di brazil terutama yang dekat dengan laut. Selain itu hewan yang satu ini juga banyak di temukan di perairan sungai Amazon. Makhluk – makhluk cerdas ini telah mengembangkan ginjal osmoregulasi khusus. Sehingga memungkinkan mereka untuk mengubah salinitas air yang mereka simpan.  Untuk ginjal mereka pada dasarnya mendaur ulang garam – garam vital yang mereka butuhkan di seluruh tubuh mereka. Memudahkan mereka pindah secara permanen ke daerah – daerah air tawar.

6. Ikan Payara Vampir

ikan-payara-vampir-sungai-amazon

Untuk ikan air tawar di sungai amazon yang keenam ini adalah paraya atau ikan vampir.  Dimana ikan yang satu ini memang dapat anda temukan di wilayah perairan Amazon di Brazil, Bolivia, Peru, hingga Ekuador.  Hewan ini pun terkenal sebagai hewan yang cukup agresif. Untuk ikan yang satu ini paling sering ditemukan di perairan yang bergerak cepat dan berjeram. Sehingga biasanya akan lebih sulit di lihat. Jenis predator ganas yang satu ini dapat memakan ikan yang berukuran setengah dari ukuran tubuh mereka. Memiliki panjang sekitar 120 cm dengan berat 18 kg. Selain itu anda pun bisa mengenali ikan vampir melalui dua gigi besar seperti taring di depan.

Nah, itulah ulasan terkait macam – macam ikan air tawar yang ada di sungai amazon. Dimana varian jenis hewan ini kebanyakan dapat anda temukan di perairan sungai Amazon di benua Amerika. Semoga bermanfaat dan dapat menambah ilmu pengetahuan tentang keanekaragaman fauna di benua Amerika.