6-jenis-Burung-Langka-di-Benua-Afrika-Ini

Jenis burung di benua Afrika – Jika membahas soal benua Afrika memang bukan hal yang asing lagi. Hampir semua orang yang ada di dunia tahu tentang benua yang satu ini. Afrika ini sendiri termasuk benua dengan suhu udara yang cocok untuk habitat berbagai jenis burung. Di kawasan benua Afrika ini burung dapat berkembang biak dengan baik. Bahkan ditemukan beberapa varietas burung yang sudah cukup mendunia berasal dari Afrika. Sedangkan untuk jenis lain merupakan persilangan burung untuk menghasilkan burung dengan perpaduan yang lebih unik.  Di benua Afrika ini ditemukan satu negara yang berlokasi di timur Afrika yang bernama Mauritis.

Lebih tepatnya lokasi negara ini berada tepat di 1.100 km dari pulau madagaskar. Dimana lokasinya berada di tengah Samudera Hindia. Untuk negara yang memilki jumlah penduduk sebanyak 1, 2 juta ini. Negara ini dikaruniai iklim tropis yang membuatnya memiliki hutan hujan tropis dengan aneka flora dan fauna yang unik. Dan salah satu fauna unik yang dapat anda temukan di negara ini adalah jenis burung di benua Afrika.  Salah satu jenis burung yang cukup terkenal ini adalah burung dodo. Akan tetapi untuk jenis burung yang satu ini sudah punah sejak tahun 1660 an. Kepunahan ini diakibatkan oleh ulah tidak bertanggung jawab dari manusia.

Inilah 5 Jenis Burung Di Benua Afrika Yang Langka Dan Perlu Anda Tahu

Afrika memang kerap kali dikenal dengan nama benua hitam bukan.  Julukan ini tidak terlepas dari benua Afrika yang memang dianugerahi berbagai keanekaragaman hayatinya. Mungkin diantara spesies yang paling terkenal di Afrika adalah zebra dan jerapah. Namun kenyataannya, masih banyak fauna Afrika yang tidak kalah menakjubkan terutama jenis burung di benua Afrika.  Terdengar cuitan ramai burung yang ada di Afrika ini dapat menjadi alarm alami di setiap pagi. Berikut ini ada jenis burung di benua Afrika yang cukup unik dan sayang anda lewatkan diantaranya:

1. Elang Laut Afrika

burung-elang-laut-afrika

African fish eagle merupakan jenis burung di benua Afrika yang paling terkenal.  Tentu bukan tanpa alasan, mengingat spesies elang yang satu ini memiliki pergerakan yang sangat cepat saat menerkam mangsanya.  Selain itu, untuk burung yang memiliki nama ilmiah dikenal dengan haliaetus vocifer ini juga dikenal dengan penglihatan yang super tajam. Mata yang tajam ini memiliki kemampuan untuk mengintai dan menemukan mangsanya dari jarak jauh. Tidak hanya itu, ternyata burung ini memiliki kebiasaan yang cukup unik. Jenis burung di benua Afrika yang satu ini suka bertengger di dahan pohon di dekat wilayah perairan. Dapat dikatakan jika burung African fish eagle ini adalah hewan asli dari wilayah sub-sahara Afrika.  Untuk populasi hewan yang satu ini dapat ditemukan di kawasan sungai orange di Afrika selatan.

Dimana daerah ini merupakan padang rumput delta Okavango di botswana dan danau malawi. Elang ini berukuran lebih besar dengan berat antara 3,2 – 3,6 kilogram. Sedangkan untuk burung jantan memiliki berat 2,0 – 2,5 kilogram. Burung ini terkenal sebagai burung karnivora.

2. Mauritius Fody

burung-maritius-fody
Burung Mauritus Fody

Untuk jenis burung di benua Afrika yang pertama adalah mauritius fody. Atau dengan nama latin yang dikenal dengan foudia rubra. Untuk jenis burung ini memang masuk dalam kategori burung langka asli dari Mauritius di Afrika. Jenis burung yang satu ini memiliki status dalam bahaya. Dimana burung ini memiliki ukuran panjang hingga 14 cm. Dengan kepala warna merah dan badan berwarna hijau kecokelatan. Jenis burung di benua Afrika yang satu ini terancam punah akibat kehilangan habitat. Hal ini dapat terjadi karena pembukaan lahan untuk pertanian. Selain itu karena adanya hewan yang dapat merusak sarang. Misalnya saja seperti kera pemakan kepiting dan tikus hitam.

3. Parkit Echo

burung-parkit-echo
Parkit Echo

Jenis burung di benua Afrika yang kedua adalah echo parakeet. Untuk jenis burung ini termasuk dalam bahaya dan endemik. Untuk ukuran burung yang satu ini memiliki panjang 32 – 42 cm dengan berat sekitar 167 – 193 gram. Burung ini pun memiliki warna yang dominan hijau dengan paruh merah dengan ujung yang berwarna hitam. Untuk jenis burung yang satu ini memiliki nama latin berupa psitacula eques.  Pada tahun 1980 burung yang satu ini mengalami penurunan populasi hingga berjumlah 12 ekor. Penurunan ini diakibatkan oleh pemburuan serta kerusakan lingkungan.  Namun adanya upaya untuk menyelamatkan jenis burung di benua Afrika ini dari kepunahan. Sehingga jumlah burung pun dapat meningkat hingga 700 ekor sejak tahun 2016.

4. Merpati Merah Muda

burung-merpati-merah-muda
Merpati Merah Muda

Jenis burung di benua Afrika yang ketiga adalah pink pigeon. Dimana burung endemik dari mauritius ini tergolong langka. Sehingga pada tahun 1990 an, jenis burung di benua Afrika ini hampir mengalami kepunahan. Bahkan di tahun 1991, jumlah untuk populasi burung yang satu ini hanya ditemukan dengan jumlah 10 ekor.  Sehingga dengan adanya upaya untuk melestarikan burung ini hingga tahun 2018 membuat jumlah populasi meningkat hingga 400 ekor. Jenis burung di benua Afrika yang satu ini memiliki ukuran sepanjang 36 – 38 cm. Selain itu memiliki warna putih seperti pink dan sayap yang berwarna hitam serta buntut cokelat. Tidak hanya itu jenis burung yang satu ini memang hampir punah akibat kerusakan lingkungan dengan banyaknya predator.  

5. Lovebird Kepala Abu-abu

burung-lovebird-kepala-abu-abu
Lovebird Kepala Abu – abu

Jenis burung di benua Afrika yang keempat ini memiliki nama latin berupa Agapornis Cana. Nah, untuk jenis burung yang satu ini tidak mudah di impor di indonesia. Sehingga wajar jika jenis burung di benua Afrika ini memang sulit untuk di jumpai. Untuk warna dari jenis burung yang satu ini cukup unik dan agak kurang mencolok. Pada tubuh bagian atas berwarna hijau sedangkan bagian bawah ini berwarna hijau muda. Proses mengembangbiakkan burung ini termasuk mudah, karena jenis kelaminnya mudah untuk diketahui. Yakni lewat warna dari kepala hingga dadanya.

6. Mauritius Kestrel

burung-mauritus-kestrel
Burung Mauritius Kestrel

Jenis burung di benua Afrika yang kelima ini adalah mauritius kestrel. Untuk jenis burung ini termasuk kategori burung predator asli. Burung ini memiliki nama latin Falco punctatus ini memiliki ukuran 26 – 30,5 cm. Yakni dengan berat mencapai 250 gram. Sedangkan untuk makanan utama burung ini berupa serangga, kadal, burung kecil dll. Jenis burung di benua Afrika ini termasuk dalam bahaya yang mana populasinya pun cukup menurun. Hal ini disebabkan karena kerusakan lingkungannya.

Jenis burung di benua Afrika di atas ini memang terancam punah, hal ini diakibatkan oleh kerusakan lingkungan. Serta pembukaan lahan untuk pertanian. Jadi penting untuk kita tetap menjaga kelestarian lingkungan ya, agar burung – burung ini tetap hidup.

Artikel Menarik Lainnya :

Kenalan Yuk Dengan Mamalia Eksotis Benua Afrika Ini

Hewan Laut di Benua Afrika yang Unik dan Jarang Diketahui