pemandangan-padang-rumput-dengan-domba-di-selandia-baru

Selandia Baru merupakan tempat tinggal dari hewan – hewan unik yang mungkin tidak akan ditemui di negara lain. Mulai dari lumba – lumba terkecil, penguin terkecil, burung- burung ini dan bahkan ada hewan yang hidup dari berjuta – juta tahun yang lalu. Berikut ini adalah binatang – binatang unik yang kamu akan temui di Selandia Baru.

1. Burung Kiwi
( Apteryx Australis )

burung-kiwi-selandia-baru

Burung ikonik Selandia Baru dan mungkin yang paling dikenal orang banyak. Mempunyai ukuran tubuh yang kurang lebih sebesar ayam yang biasa kita temui dan burung ini tidak bisa terbang. Burung Kiwi mampu hidup selama 25 hingga 50 tahun dan habitatnya di area – area perhutanan. Karakteristik dari burung ini adalah kaki yang kuat, paruh kecil memanjang, bulu yang seperti rambut dan tidak mempunyai ekor.

Berat Tubuh : 2,5 – 3,3 Kilogram
Tinggi Tubuh : Mencapai 45 Centimeter
Makanan : Cacing, Serangga dan Biji – bijian

2. Penguin Bermata Kuning
( Megadyptes antipodes )

pinguin-bermata-kuning

Salah satu penguin yang langka dan hanya ada di Selandia Baru dengan perkiraan populasi di tahun 2019 sebanyak 265 pasang Penguin Bermata Kuning. Karakteristik khas dari penguin ini adalah tentunya dari mata kuningnya dan bulu kuning disekitar mata sampai belakang kepalanya. Mereka hidup di pantai dan terbagi menjadi dua populasi, yaitu pantai daerah selatan dan utara.

Berat Tubuh : 3 – 8,5 Kilogram
Tinggi Tubuh : 62 – 79 Centimeter
Makanan : Ikan Cod merah, Cumi – cumi, Ikan yang ada di dasar laut, dan Ubur – ubur

3. Lumba-lumba Maui
( Cephalorhynchus hectori maui )

lumba-lumba-maui-selandia-baru

Merupakan Subspesies dari Lumba – lumba Hector, dan juga
merupakan spesies lumba – lumba terkecil di dunia dengan panjang tubuh rata – rata 1,4 Meter. Lumba – lumba Maui termasuk kedalam spesies lumba – lumba yang langka dengan perkiraan populasi sebanyak 63 individu. Karakteristik dari lumba – lumba ini adalah warna tubuh abu – abu dengan kombinasi putih dan tanda hitam dan moncong yang pendek.

Berat Tubuh : Mencapai 50 Kilogram
Panjang Tubuh : 1,2 – 1,4 Meter
Makanan : Ikan Cod Merah dan Ikan kecil lainnya

4. Kereru ( Hemiphaga novaeseelandiae )

burung-kereru-selandia-baru

Biasa juga dikenal dengan Merpati Selandia Baru, merupakan dengan ukuran yang lebih besar dibandingkan dengan merpati pada umumnya dan mempunyai gradasi hijau dan ungu pada bulunya. Tidak seperti hewan – hewan yang disebutkan diatas tadi, Kereru dapat ditemukan dengan mudah di daerah hutan.

Berat tubuh : 550 – 850 Gram
Panjang tubuh : Mencapai 51 Centimeter
Makanan : Buah, Daun, Bunga, dan Tunas

5. Penguin Biru Kecil
( Eudyptula minor )

kumpulan-pinguin-biru-kecil

Merupakan Penguin terkecil di dunia dengan tinggi tubuh rata – rata 33 Centimeter. Mereka bisa ditemukan di pesisir pantai Selatan Selandia Baru dan Australia. Karakterisktik khas dari penguin ini sudah jelas terlihat dari namanya, Penguin ini mempunyai warna tubuh biru dari bagian atas kepala sampai dengan tubuh bagian belakang dan warna putih di tubuh bagian depan.

Berat tubuh : Kurang lebih 1,5 Kilogram
Tinggi tubuh : 30 – 33 Centimeter
Makanan : Ikan hering, Ikan Sarden, Cumi – cumi, dan Kepiting

6. Lumba – lumba Hector
( Cephalorhynchus hectori )

lumba-lumba-hector

Ukuran tubuhnya sama dengan Lumba – lumba Maui dan ciri fisik dua lumba – lumba ini mempunyai kesamaan. Mungkin yang membedakan hanya ukuran tengkorak Lumba – lumba Maui lebih besar dibandingkan dengan Lumba – lumba Hector. Nama dari lumba – lumba ini diambil dari penemunya yaitu Sir James Hector yang dulu merupakan Kepala Museum dari Colonial Museum di Wellington yang sekarang Menjadi Museum Of New Zealand Te Papa.

Berat Tubuh : 40 – 60 Kilogram
Panjang Tubuh : 1,2 – 1,4 Meter
Makanan : Ikan Cod Merah dan Ikan kecil lainnya

7. Kelelawar Ekor Pendek
( Mystacina tuberculata )

kelelawar-kecil-ekor-pendek-selandia-baru

Satu – satunya kelelawar dari famili Mystacinidae yang masih hidup saat ini dan kelelawar ini termasuk kedalam binatang langka akibat hilangnya habitat mereka, predator, dan sering adanya gangguan di sarang mereka. Uniknya dari Kelelawar Ekor Pendek adalah cara mereka menangkap mangsa. Mereka berburu mangsa mereka bukan dengan terbang melainkan dengan berjalan dengan sayap mereka yang dilipat. Oleh karena itu kelelawar ini termasuk ke dalam salah satu jenis kelelawar yang menghabiskan waktu nya lebih banyak untuk berjalan.

Berat tubuh : 12 – 15 Gram
Panjang tubuh : 6 – 7 Centimeter
Makanan : Serangga, Buah, Nektar dan Serbuk Sari

8. Tuatara ( Sphenodon punctatus )

kadal-tuatara-selandia-baru

Tuatara adalah satu – satunya species reptil yang bertahan hidup dari zaman dinosaurus dan mereka diberikan julukan “the living dinosaur” yang artinya dinosaurus yang hidup. Keunikan dari binatang ini adalah giginya merupakan tulang yang tumbuh dari tulang rahangnya. Dan binatang ini juga mempunyai tiga mata, satunya terletak tepat diatas kepala bagian belakangnya. Ilmuwan belum tau fungsi dari mata ketiga ini.

Berat tubuh : Mencapai 1,5 Kilogram
Panjang tubuh : Mencapai 50 Centimeter
Makanan : Serangga, Cacing, Kadal kecil, Telur Burung, dan Anak ayam

9. Kadal Chevron
( Oligosoma homalonotum )

skink-kadal-chevron-selandia-baru

Kadal berukuran sedang yang hanya bisa ditemukan di Selandia Baru dan termasuk kedalam hewan langka dengan perkiraan populasi sebanyak 500 ekor. Mempunyai warna kulit coklat muda kemerahan dan keabu – abuan di daerah leher dan kepala. Warna ini membantu mereka untuk bertahan hidup dari predator dan mereka juga bisa menahan nafas dalam air.

Berat tubuh : Tidak Diketahui
Panjang tubuh : Mencapai 30 Centimeter
Makanan : Larva serangga, Serangga kecil, Siput kecil

10. Singa Laut Hooker
( Phocarctos hookeri )

singa-laut-hooker-selandia_baru

Spesies singa laut yang hidup dan bisa ditemukan di daerah subantartik Selandia Baru dan beberapa pantai di daerah selatan. Singa Laut Hooker termasuk spesies singa laut yang dilindungi karena jumlah yang sedikit dan hanya bisa ditemukan di Selandia Baru.

Berat tubuh : 320 – 450 Kilogram
Panjang tubuh : 240 -350 Centimeter
Makanan : Ikan , Cumi – cumi, Udang, dan Burung

11. South Island Robin
( Petroica australis )

burung-robin-south-island-selandia-baru

Spesies burung robin yang hanya bisa ditemukan di Selandia Baru bagian selatan di daerah Stewart Island.

Berat tubuh : Mencapai 35 Gram
Panjang tubuh : 10 – 18 Centimeter
Makanan : Cacing dan Serangga

12. Kea ( Nestor notabilis )

burung-kea-selandia-baru

Spesies burung nuri berukuran besar yang bisa ditemukan di taman nasional yang ada di Selandia Baru atau mungkin di daerah alpen Selatan dari Selandia Baru. Termasuk ke dalam spesies burung yang terancam punah karena sebelum tahun 1970 burung ini diburu untuk diambil paruh nya karena burung ini dianggap menggangu hewan ternak masyarakat.

Berat tubuh : 800 – 1000 Gram
Panjang tubuh : Mencapai 48 Centimeter
Makanan : Tanaman, Larva, Serangga, Kelinci, Domba, dan Burung kecil

13. Tui ( Prosthemadera novaeseelandiae )

burung-tui-selandia-baru

Spesies burung yang hanya bisa ditemukan di daerah hutan di Selandia Baru dan termasuk ke dalam keluarga burung pemakan madu. Karakteristik dari burung ini adalah warna bulu yang gelap yang akan terlihat berwarna ungu dan hijau ketika terkena sinar matahari dan bulu putih yang ada dibawah lehernya.

Berat tubuh : 65 – 150 Gram
Panjang tubuh : 27 – 32 Centimeter
Makanan : Nektar, Buah, dan Serangga

14. Falcon Selandia Baru
( Falco novaeseelandiae )

burung-falcon-selandia-baru

Satu – satunya spesies falcon yang ada dan hanya bisa ditemukan di Selandia Baru. Burung ini sangat sulit ditemukan di tempat biasa tapi bisa ditemukan di tempat perlindungan burung pemangsa di Selandia Baru.

Berat tubuh : 240 – 720 Gram
Panjang tubuh : 40 – 50 Centimeter
Makanan : Serangga, Mamalia kecil, Kadal, dan Burung kecil

15. Tomtit (Patroica macrochepala)

burung-tomtit-selandia-baru

Karakteristik mirip dengan South Island Robin tapi ukuran Burung Tomtit lebih kecil dibandingkan dengan South Island Robin. Mempunyai warna hitam dan putih kekuningan pada jantan dan abu – abu putih pada betina.

Berat tubuh : Sekitar 11 Gram
Panjang tubuh : Sekitar 13 Centimeter
Makanan : Serangga dan Cacing

16. Bellbird Selandia Baru
( Anthornis melanura )

burung-bellbird-selandia-baru

Salah satu spesies burung yang hanya bisa ditemukan di Selandia Baru. Ciri khas dari burung ini terlihat dari namanya, yaitu burung ini mempunyai suara yang terdengar seperti bel. Bellbird Selandia Baru jantan Mempunyai warna bulu kuning langsat kehijauan, warna ungu gelap pada kepalanya dan warna hitam pada ujung – ujung sayap dan ekornya. Sedangkan betina mempunyai warna bulu kuning langsat kecoklatan dan warna kebiruan pada daerah kepalanya. Jantan dan betina sama – sama mempunyai warna merah pada matanya.

Berat tubuh : 25 -32 Gram
Panjang tubuh : 17 – 20 Centimeter
Makanan : Nektar, Buah dan Serangga

17. Hihi ( Notiomystis cincta )

burung-hihi-stitchbird-selandia_baru

Salah satu burung endemik Selandia Baru yang langka. Burung Hihi bisa ditemukan didaerah North Island dan Little Barrier Island. Keunikan dari burung ini adalah cara mereka bereproduksi atau kawin, jantan dan betina terkadang melakukan reproduksi saling berhadapan satu sama lain.

Berat tubuh : 30 – 36 Gram
Tinggi tubuh : 20 Centimeter
Makanan : Nektar, Buah dan Serangga