10-Hewan-Unik-yang-Mungkin-Kamu-Temui-di-Kutub-Utara

Binatang Endemik Kutub Utara

Kutub utara adalah rumah dan habitat dari banyak binatang kutub indah yang tinggal darat maupun di air. Kutub Utara Mempunyai luas 5.4 juta mil dan suhu wilayah yang bisa mencapai -34 derajat celcius ketika musim dingin.

Terlepas dari itu semua, tentang hewan telah membuat daftar binatang – binatang yang mungkin kalian temui ketika berkunjung ke Kutub Utara. Berikut ini adalah daftarnya.

1. Beruang Kutub
( Ursus Maritimus )

beruang-kutub-berwarna-putih

Beruang kutub yang biasa dijuluki “raja kutub “, merupakan predator yang menempati posisi puncak rantai makanan di kutub utara. Posisi mereka yang berada dipuncak rantai tidak berarti mereka hidup dengan mudah. Beruang Kutub menghabiskan waktu hidupnya untuk berkeliling dan mencari mangsa di permukaan – permukaan es. Dan Beruang Kutub bisa mencium mangsanya dari kejauhan 1,6 Kilometer. Wow !
Beruang kutub juga merupakan perenang yang handal, mereka mampu berenang sejauh 48 Kilometer dalam satu kali jalan dan bahkan bisa lebih dari itu.

Berat tubuh : 400 – 600 Kilogram
Tinggi tubuh : Kurang lebih 2m
Makanan : Anjing Laut dan Ikan

2. Walrus ( Odobenus Rosmarus )

walrus-arktik

Walrus yang biasa dijuluki ” raksasa kutub ” dan mungkin kalian sudah tau ciri khas dari binatang ini. Yaitu taring panjangnya, yang dapat tumbuh hingga 1 meter dan dapat ditemukan di jantan dan betina. Walrus dapat memperlambat detak jantung mereka dan dapat merubah arah darah mereka mengalir dari beberapa organnya yang membuat mereka dapat bertahan di bawah air dengan waktu yang panjang.

Walrus mungkin terlihat aneh saat berjalan di darat, tapi untuk masalah berenang mereka ga bisa diremehin. Walrus mampu berenang dengan kecepatan 35 Kilometer per jam dengan mudahnya. Wow !

Berat tubuh : 800 – 1700 Kilogram
Panjang Tubuh : 2 – 3,5 Meter
Makanan : Hewan laut kecil seperti Udang, Kepiting, Timun laut dan beberapa Molluska

3. Rubah Kutub ( Vulpes Lagopus )

rubah-arktik-berwarna-putih-di-salju

Binatang kecil dan lucu ini mungkin binatang paling ramah yang ada di kutub utara.Mungkin kalian bingung bagaimana hewan kecil seperti ini bisa bertahan hidup di kutub utara.Jawabannya adalah bulunya, yaitu bulu lembut berlapis yang melindungi binatang kecil ini dari dinginnya udara kutub utara. Dan bisa berfungsi juga sebagai kamuflase untuk perlindungan diri dari predator.

Dan apabila suhu udara lebih dingin dari pada biasanya, Rubah kutub akan menutupi tubuhnya dengan ekornya yang berfungsi seperti selimut. Kemudian jika terjadi badai, rubah kutub akan menggali lubang dan masuk ke dalamnya agar tetap merasa hangat.

Fakta unik dari rubah kutub adalah dia satu satunya anggota dari famili canidae yang mempunyai telapak kaki berbulu.

Berat tubuh : 1,4 – 9,4 Kilogram
Panjang tubuh : 41 – 68 Centimeter
Makanan : Vole, Lemming, Telur, Ikan, Kelinci Arktik, dan Burung Kecil

4. Paus Beluga
( Delphinapterus Leucas )

kumpulan-paus-beluga-putih-arktik

Binatang air indah berwarna putih dam hidup berkelompok. Mempunyai julukan ” burung kenari lautan ” karena kemampuan vocal mereka yang bisa membuat suara – suara unik. Kemampuan unik ini mereka gunakan untuk berkomunikasi dengan paus beluga lain. Jenis suara yang mereka gunakan adalah mencicit, berkicau dan bersiul. Dan uniknya lagi mereka bisa menirukan suara manusia tanpa adanya latihan.

Berat tubuh : 700 – 1600 Kilogram
Panjang tubuh : 3 – 3,5 Meter
Makanan : Ikan Halibut, Ikan Cod, Sotong, Udang, Cumi – cumi, dan Salmon

5. Narwhal ( Monodon Monoceros )

ikan-paus-narwhal-arktik

Narwhal yang dijuluki ( Unicorn lautan ) karena karakteristik unik yang dimiliki oleh hewan ini. Yaitu ” tanduk ” panjang yang terletak di bagian depan wajah hewan ini. Tanduk ini bisa tumbuh sampai dengan panjang 3 Meter. Dan Faktanya ” tanduk ” yang dimiliki oleh Narwhal ini bukan benar – benar tanduk seperti banteng ataupun unicorn. Tapi tanduk ini merupakan gigi depan dari si Narwhal ini yang tumbuh di bagian bibir atas.

Peneliti pun belum mengerti apa alasan si ” tanduk ” ini ada dan tumbuh sepanjang itu.

Panjang tubuh : 3,5 – 5,5 Meter ( Tanpa Tanduk )
Berat Tubuh : 800 – 1600 Kilogram
Makanan : Ikan Halibut, Ikan Cod, Sotong, Udang, dan Cumi – cumi

6. Musk OX ( Ovibos Moschatus )

musk-ox-arktik-kutub-utara

Hewan yang mirip dengan bison ini mungkin bisa dibilang hewan yang sangat cocok hidup di Kutub Utara. Karena karakteristik mereka yaitu bulu yang sangat tebal membuat mereka bisa bertahan dengan iklim dan suhu ekstrim dari Kutub Utara. Bulu yang tebal ini mempunyai fungsi isolasi panas sehingga tubuh mereka tetap hangat walaupun suhu di kutub utara sangat dingin. Dan isolasi panas dari bulu Musk Ox disebutkan oleh ilmuwan sebagai bulu terhangat yang ada saat ini.

Mereka hidup secara berkelompok dan predator utama mereka adalah serigala dan beruang kutub.

Berat tubuh : 180 – 410 Kilogram
Panjang tubuh : 135 – 250 Centimeter
Tinggi Tubuh : 1,1 – 1,5 Meter
Makanan : Lumut Kerak, Lumut Daun, dan Akar – akaran

7. Paus Kepala Busur
( Balaena Mysticetus )

ikan-paus-kepala-busur

Alasan disebut dengan Paus Kepala Busur adalah bentuk tengkorak dair paus ini yang berbentuk seperti busur dan berfungsi untuk menghancurkan lapisan yang ada dilautan arktik sehingga mereka bisa bernafas keatas. Fakta unik dari hewan ini adalah mereka mampu hidup selama 200 tahun dan tahan terhadap penyakit walaupun hidup di lautan dingin seperti di kutub utara dan menjadi salah satu mamalia yang mempunyai masa hidup terlama di bumi.

Panjang tubuh : 15 – 18 Meter
Berat tubuh : 75 – 100 Tons
Makanan : Plankton, Zooplankton, dan Crustacea

8. Burung Murre Paruh Tebal
( Uria Lomvia )

burung-murre-paruh-tebal-arktik

Mempunyai julukan ” penguin kutub utara ” karena sekilas fisik mereka mirip dengan penguin dan mereka sama – sama mempunyai kemampuan menyelam yang baik. Burung ini mampu menyelam sampai dengan kedalaman 91 Meter atau bahkan dua kali lipatnya dengan kecepatan maksimal 2 Meter per detik. Wow !

Tapi untuk masalah terbang, Burung Murre akan kesusahan karena kurang proporsionalnya ukuran tubuh dengan ukuran sayapnya. Mereka bisa terbang tapi tidak akan segesit burung lainnya.

Ketika Burung Murre paruh tebal akan bertelur, mereka tidak membuat sarang seperti burung lainnya. Melainkan mereka akan bertelur dan menaruh telur mereka di tebing berbatu dan melindunginya dengan kerikil yang kemudian ditambahkan dengan kotoran mereka. Kotoran mereka berfungsi sebagai semacam semen.

Berat tubuh : 740 – 1480 Gram
Panjang Tubuh : 40 – 48 Centimeter
Makanan : Ikan kecil, Udang, Cumi – cumi dan Crustacea kecil

9. Serigala Arktik
( Canis Lupus Arctos )

serigala-arktik-berwarna-putih-kutub-utara

Serigala Arktik merupakan subspecies dari Seriga Abu-Abu. Karena Serigala ini hidup didaerah dengan suhu yang ekstrim, mereka mempunyai karakteristik yang berbeda dengan serigala pada umumnya. Seperti bulu putih untuk berkamuflase, Bulu tebal agar mampu bertahan hidup di suhu yang dingin, serta bulu pada telapak kaki.

Berat tubuh : 32 – 72 Kilogram
Panjang tubuh : 100 – 180 Centimeter
Makanan : Kelinci Arktik, Musk Ox, dan Rusa

10. Anjing Laut Bercincin
( Pusa Hispida )

anjing-laut-cincin-di-atas-salju-arktik-kutub-utara

Anjing laut bercincin adalah jenis anjing laut terkecil dan jenis yang paling banyak tersebar di daerah arktik. Disebut anjing laut bercincin karena mereka mempunyai pola seperti cincin berwarna abu – abu di tubuhnya. Hewan ini mempunyai peranan penting dalam rantai makanan ekosistem wilayah arktik. Karena banyak sekali predator yang bergantung dengan Anjing laut bercincin. Seperti Beruang Kutub, Rubah Arktik, Paus Pembunuh atau Orca, Hiu dan kadang kadang Walrus memangsa mereka.

Berat tubuh : 50 – 70 Kilogram
Panjang tubuh : mencapai 1,5 Meter
Makanan : Ikan Herring, Cumi – cumi, Udang, Ikan Cod dan Ikan lainnya

Mungkin itu saja untuk binatang binatang yang mungkin akan kalian temui ketika berkunjung ke kutub utara ataupun daerah sekitarnya. Semoga bisa berguna untuk kalian dan menambah wawasan kalian tentang hewan – hewan.